Cara Cek Laptop Bekas

administrator

Mengecek laptop bekas atau second hand merupakan hal penting sebelum membelinya. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan saat membeli laptop bekas agar kita tidak mendapatkan laptop yang rusak dan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini beberapa cara mengecek laptop bekas yang bisa dilakukan:

  • Periksa kondisi fisik
  • Nyalakan laptop dan cek tampilan
  • Cek keyboard dan touchpad
  • Cek baterai
  • Cek speaker dan kamera
  • Cek port dan koneksi
  • Cek spesifikasi melalui software
  • Coba install aplikasi atau software

Dengan melakukan cara-cara tersebut, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

cara cek laptop bekas

Sebelum membeli laptop bekas, ada beberapa hal penting yang perlu di cek agar kita tidak kecewa nantinya. Berikut 10 aspek penting yang perlu diperhatikan saat melakukan pengecekan laptop bekas:

  • Kondisi fisik
  • Layar
  • Keyboard
  • Touchpad
  • Baterai
  • Speaker
  • Kamera
  • Port
  • Koneksi
  • Spesifikasi

Dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh pada aspek-aspek tersebut, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, dengan mengecek kondisi fisik kita dapat mengetahui apakah ada kerusakan pada laptop, seperti penyok atau baret. Dengan mengecek layar, kita dapat memastikan apakah layar berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah seperti dead pixel atau flickering. Dengan mengecek baterai, kita dapat mengetahui apakah baterai masih berfungsi dengan baik dan tidak cepat habis.

Kondisi fisik


Kondisi Fisik, Tutorial

Kondisi fisik merupakan salah satu aspek penting yang perlu di cek saat membeli laptop bekas. Dengan mengecek kondisi fisik, kita dapat mengetahui apakah ada kerusakan pada laptop, seperti penyok, baret, atau retak. Kerusakan pada kondisi fisik dapat mempengaruhi kenyamanan dan performa laptop. Misalnya, jika laptop memiliki penyok pada bagian engsel, maka engsel tersebut berpotensi mudah rusak dan menyebabkan layar laptop tidak dapat dibuka atau ditutup dengan baik. Selain itu, jika laptop memiliki baret atau retak pada bagian layar, maka hal tersebut dapat mengganggu tampilan dan kenyamanan saat menggunakan laptop.

Oleh karena itu, penting untuk mengecek kondisi fisik laptop bekas secara menyeluruh sebelum membelinya. Pastikan tidak ada kerusakan pada bagian-bagian penting, seperti engsel, layar, dan keyboard. Dengan mengecek kondisi fisik secara baik, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas yang rusak dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Layar


Layar, Tutorial

Layar merupakan salah satu komponen penting pada laptop. Saat membeli laptop bekas, penting untuk mengecek kondisi layar dengan baik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengecek layar laptop bekas:

  • Kecerahan dan kontras

    Layar yang baik memiliki kecerahan dan kontras yang bagus. Pastikan layar laptop bekas yang akan dibeli memiliki kecerahan dan kontras yang cukup. Cara mengeceknya, nyalakan laptop dan buka gambar atau video dengan warna-warna cerah. Perhatikan apakah warna-warna tersebut terlihat jelas dan tidak pudar.

  • Resolusi

    Resolusi layar menunjukkan jumlah titik-titik (pixel) yang membentuk layar. Semakin tinggi resolusi, maka gambar yang ditampilkan akan semakin tajam dan detail. Pastikan layar laptop bekas yang akan dibeli memiliki resolusi yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Dead pixel

    Dead pixel adalah titik-titik pada layar yang tidak menyala atau berwarna hitam. Dead pixel dapat mengganggu kenyamanan saat menggunakan laptop. Pastikan layar laptop bekas yang akan dibeli tidak memiliki dead pixel.

  • Flickering

    Flickering adalah kondisi di mana layar berkedip-kedip atau bergetar. Flickering dapat disebabkan oleh masalah pada hardware atau software. Pastikan layar laptop bekas yang akan dibeli tidak mengalami flickering.

Dengan mengecek layar laptop bekas secara menyeluruh, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas dengan layar yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Keyboard


Keyboard, Tutorial

Keyboard merupakan salah satu komponen penting pada laptop. Saat membeli laptop bekas, penting untuk mengecek kondisi keyboard dengan baik. Keyboard yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat mengganggu kenyamanan dan produktivitas saat menggunakan laptop.

  • Mengecek tombol

    Pastikan semua tombol pada keyboard berfungsi dengan baik. Coba ketik beberapa kalimat dan pastikan tidak ada tombol yang macet atau tidak berfungsi.

  • Mengecek

    Jika keyboard memiliki , pastikan berfungsi dengan baik. Coba gunakan keyboard di tempat yang gelap dan pastikan semua tombol terlihat jelas.

  • Mengecek kenyamanan

    Pastikan keyboard nyaman digunakan. Coba ketik beberapa kalimat dan pastikan jarak antar tombol sesuai dan tidak membuat jari-jari cepat lelah.

  • Mengecek bahasa

    Jika laptop bekas berasal dari luar negeri, pastikan keyboard memiliki tata letak bahasa yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mengecek keyboard laptop bekas secara menyeluruh, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas dengan keyboard yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Touchpad


Touchpad, Tutorial

Touchpad merupakan komponen penting pada laptop dan perlu dicek saat membeli laptop bekas. Touchpad yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengganggu kenyamanan dan produktivitas saat menggunakan laptop. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengecek touchpad laptop bekas agar mendapatkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut beberapa cara mengecek touchpad laptop bekas:

  • Mengecek gerakan kursor
    Pastikan kursor bergerak lancar dan sesuai dengan gerakan jari pada touchpad. Coba gerakkan kursor ke berbagai arah dan pastikan tidak ada gerakan yang tersendat atau tidak sesuai.
  • Mengecek tombol
    Jika touchpad memiliki tombol, pastikan tombol tersebut berfungsi dengan baik. Coba klik kiri, klik kanan, dan scroll untuk memastikan semua tombol berfungsi dengan baik.
  • Mengecek sensitivitas
    Sesuaikan sensitivitas touchpad sesuai dengan kebutuhan. Coba atur sensitivitas touchpad dan pastikan kursor bergerak sesuai dengan keinginan.

Dengan mengecek touchpad laptop bekas secara menyeluruh, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas dengan touchpad yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Baterai


Baterai, Tutorial

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada laptop. Saat membeli laptop bekas, penting untuk mengecek kondisi baterai dengan baik. Baterai yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat membuat laptop tidak dapat digunakan dengan nyaman dan produktif.

Untuk mengecek kondisi baterai laptop bekas, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Cek kondisi fisik baterai. Pastikan baterai tidak memiliki kerusakan seperti penyok atau kembung.
  • Cek daya tahan baterai. Nyalakan laptop dan biarkan berjalan tanpa terhubung ke charger. Catat berapa lama baterai bertahan hingga laptop mati.
  • Gunakan software untuk mengecek kesehatan baterai. Beberapa software dapat memberikan informasi tentang kesehatan baterai, seperti kapasitas baterai, jumlah siklus pengisian daya, dan suhu baterai.

Dengan mengecek kondisi baterai laptop bekas secara menyeluruh, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas dengan baterai yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Speaker


Speaker, Tutorial

Saat membeli laptop bekas, mengecek kondisi speaker merupakan hal yang penting. Speaker yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengganggu kenyamanan saat menggunakan laptop, terutama jika kita sering menggunakan laptop untuk mendengarkan musik atau menonton film.

Ada beberapa cara untuk mengecek kondisi speaker laptop bekas, yaitu:

  • Putar musik atau video dan dengarkan apakah suara yang dihasilkan terdengar jelas dan tidak pecah.
  • Atur volume speaker ke tingkat maksimum dan dengarkan apakah ada suara berdengung atau berdesis.
  • Coba gunakan headphone atau speaker eksternal untuk memastikan bahwa suara yang dihasilkan berasal dari speaker laptop.

Dengan mengecek kondisi speaker laptop bekas secara menyeluruh, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas dengan speaker yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Kamera


Kamera, Tutorial

Kamera merupakan salah satu komponen penting yang perlu dicek saat membeli laptop bekas. Kamera yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat mengganggu kenyamanan saat menggunakan laptop, terutama jika kita sering menggunakan laptop untuk melakukan panggilan video atau mengambil gambar.

Ada beberapa cara untuk mengecek kondisi kamera laptop bekas, yaitu:

  • Buka aplikasi kamera dan pastikan kamera dapat menampilkan gambar dengan jelas dan tidak buram.
  • Cobalah untuk mengambil gambar atau merekam video untuk memastikan kamera berfungsi dengan baik.
  • Jika memungkinkan, coba gunakan kamera untuk melakukan panggilan video dan pastikan kualitas gambar dan suara baik.

Dengan mengecek kondisi kamera laptop bekas secara menyeluruh, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas dengan kamera yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Port


Port, Tutorial

Port merupakan salah satu komponen penting pada laptop yang perlu di cek saat membeli laptop bekas. Port berfungsi untuk menghubungkan laptop dengan perangkat lain, seperti charger, flashdisk, mouse, atau printer. Port yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat membuat laptop tidak dapat terhubung dengan perangkat lain, sehingga dapat mengganggu kenyamanan dan produktivitas saat menggunakan laptop.

Ada beberapa jenis port yang biasa terdapat pada laptop, antara lain port USB, port HDMI, port LAN, dan port audio. Saat mengecek kondisi port laptop bekas, pastikan semua port berfungsi dengan baik. Coba hubungkan laptop dengan berbagai perangkat untuk memastikan semua port dapat digunakan dengan baik.

Dengan mengecek kondisi port laptop bekas secara menyeluruh, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas dengan port yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Koneksi


Koneksi, Tutorial

Dalam konteks cara cek laptop bekas, koneksi menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan. Koneksi pada laptop memungkinkan kita untuk terhubung dengan jaringan internet, perangkat lain, dan berbagi data.

  • Jenis Koneksi

    Terdapat beberapa jenis koneksi yang umum ditemukan pada laptop bekas, yaitu koneksi Wi-Fi, Bluetooth, dan Ethernet. Pastikan laptop bekas yang akan dibeli memiliki jenis koneksi yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Kualitas Koneksi

    Selain jenis koneksi, kualitas koneksi juga perlu diperhatikan. Laptop bekas dengan koneksi yang baik akan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman dan produktif. Lakukan pengecekan koneksi dengan memastikan kecepatan internet stabil dan tidak mengalami putus-putus.

  • Fitur Konektivitas

    Beberapa laptop bekas mungkin memiliki fitur konektivitas tambahan, seperti NFC atau Miracast. Fitur-fitur ini dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas saat menggunakan laptop.

  • Kompatibilitas Koneksi

    Pastikan laptop bekas yang akan dibeli kompatibel dengan perangkat lain yang dimiliki. Misalnya, jika memiliki printer, pastikan laptop bekas memiliki port USB atau Wi-Fi untuk terhubung dengan printer.

Dengan mengecek aspek koneksi pada laptop bekas secara menyeluruh, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas dengan koneksi yang buruk atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi


Spesifikasi, Tutorial

Saat membeli laptop bekas, penting untuk mengecek spesifikasi laptop tersebut. Spesifikasi laptop menunjukkan kemampuan dan performa laptop, sehingga dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk menentukan apakah laptop tersebut sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Dengan mengecek spesifikasi laptop bekas secara menyeluruh, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas yang tidak sesuai dengan harapan.

Salah satu cara untuk mengecek spesifikasi laptop bekas adalah dengan menggunakan software tertentu. Software ini dapat memberikan informasi detail tentang spesifikasi laptop, seperti jenis prosesor, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, dan jenis kartu grafis. Dengan menggunakan software ini, kita dapat mengetahui secara pasti spesifikasi laptop bekas yang akan dibeli, sehingga dapat dipertimbangkan apakah spesifikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Selain menggunakan software, kita juga dapat mengecek spesifikasi laptop bekas secara manual. Caranya adalah dengan membuka menu “Settings” pada laptop, kemudian pilih “System” dan “About”. Pada bagian “Device specifications”, kita dapat melihat informasi detail tentang spesifikasi laptop, seperti jenis prosesor, kapasitas RAM, dan kapasitas penyimpanan. Dengan mengecek spesifikasi secara manual, kita dapat memastikan bahwa informasi yang diperoleh akurat dan sesuai dengan kondisi laptop yang sebenarnya.

FAQ tentang cara cek laptop bekas

Sebelum membeli laptop bekas, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal penting yang perlu dicek agar tidak kecewa di kemudian hari. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja yang perlu dicek saat membeli laptop bekas?

Jawaban: Saat membeli laptop bekas, ada beberapa hal penting yang perlu dicek, antara lain kondisi fisik, layar, keyboard, touchpad, baterai, speaker, kamera, port, koneksi, dan spesifikasi.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengecek kondisi fisik laptop bekas?

Jawaban: Untuk mengecek kondisi fisik laptop bekas, periksa apakah ada kerusakan pada bagian luar laptop, seperti penyok, baret, atau retak. Pastikan juga semua port dan tombol berfungsi dengan baik.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengecek layar laptop bekas?

Jawaban: Untuk mengecek layar laptop bekas, nyalakan laptop dan buka gambar atau video dengan warna-warna cerah. Perhatikan apakah warna-warna tersebut terlihat jelas dan tidak pudar. Selain itu, pastikan juga tidak ada dead pixel atau flickering pada layar.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengecek keyboard laptop bekas?

Jawaban: Untuk mengecek keyboard laptop bekas, coba ketik beberapa kalimat dan pastikan semua tombol berfungsi dengan baik. Pastikan juga jarak antar tombol sesuai dan tidak membuat jari-jari cepat lelah.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengecek touchpad laptop bekas?

Jawaban: Untuk mengecek touchpad laptop bekas, gerakkan kursor ke berbagai arah dan pastikan gerakannya sesuai dengan gerakan jari pada touchpad. Coba juga gunakan tombol pada touchpad untuk memastikan semua tombol berfungsi dengan baik.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengecek baterai laptop bekas?

Jawaban: Untuk mengecek baterai laptop bekas, nyalakan laptop dan biarkan berjalan tanpa terhubung ke charger. Catat berapa lama baterai bertahan hingga laptop mati. Selain itu, gunakan software untuk mengecek kesehatan baterai, seperti kapasitas baterai, jumlah siklus pengisian daya, dan suhu baterai.

Dengan mengetahui cara cek laptop bekas dengan baik, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Selain memperhatikan hal-hal di atas, ada baiknya juga untuk membawa laptop bekas yang akan dibeli ke tempat service atau toko komputer untuk diperiksa lebih lanjut. Dengan begitu, kita dapat mengetahui secara pasti kondisi laptop bekas tersebut dan memutuskan apakah layak untuk dibeli.

Tips Mengecek Laptop Bekas

Mengecek laptop bekas sebelum membeli sangat penting untuk memastikan kita mendapatkan laptop yang sesuai kebutuhan dan tidak bermasalah. Berikut adalah 5 tips mengecek laptop bekas yang bisa kamu lakukan:

Tip 1: Periksa Kondisi Fisik

Periksa kondisi fisik laptop apakah ada kerusakan seperti penyok, baret, atau retak pada bagian luar laptop. Pastikan semua port dan tombol berfungsi dengan baik.

Tip 2: Nyalakan Laptop dan Periksa Tampilan

Nyalakan laptop dan buka gambar atau video dengan warna-warna cerah. Perhatikan apakah warna-warna tersebut terlihat jelas dan tidak pudar. Selain itu, pastikan juga tidak ada dead pixel atau flickering pada layar.

Tip 3: Coba Keyboard dan Touchpad

Coba ketik beberapa kalimat dan pastikan semua tombol keyboard berfungsi dengan baik. Pastikan juga jarak antar tombol sesuai dan tidak membuat jari-jari cepat lelah. Untuk touchpad, gerakkan kursor ke berbagai arah dan pastikan gerakannya sesuai dengan gerakan jari pada touchpad. Coba juga gunakan tombol pada touchpad untuk memastikan semua tombol berfungsi dengan baik.

Tip 4: Periksa Baterai

Nyalakan laptop dan biarkan berjalan tanpa terhubung ke charger. Catat berapa lama baterai bertahan hingga laptop mati. Selain itu, gunakan software untuk mengecek kesehatan baterai, seperti kapasitas baterai, jumlah siklus pengisian daya, dan suhu baterai.

Tip 5: Cek Spesifikasi

Gunakan software untuk mengecek spesifikasi laptop bekas, seperti jenis prosesor, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, dan jenis kartu grafis. Dengan mengetahui spesifikasi secara pasti, kita dapat mengetahui apakah laptop tersebut sesuai dengan kebutuhan kita.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Selain tips di atas, ada baiknya juga untuk membawa laptop bekas yang akan dibeli ke tempat service atau toko komputer untuk diperiksa lebih lanjut. Dengan begitu, kita dapat mengetahui secara pasti kondisi laptop bekas tersebut dan memutuskan apakah layak untuk dibeli.

Kesimpulan Cara Cek Laptop Bekas

Mengecek laptop bekas sebelum membelinya sangat penting untuk memastikan kita mendapatkan laptop yang sesuai kebutuhan dan tidak bermasalah. Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan saat melakukan pengecekan laptop bekas, antara lain kondisi fisik, layar, keyboard, touchpad, baterai, speaker, kamera, port, koneksi, dan spesifikasi.

Dengan mengetahui cara cek laptop bekas yang baik, kita dapat meminimalisir risiko mendapatkan laptop bekas yang rusak atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, ada baiknya juga untuk membawa laptop bekas yang akan dibeli ke tempat service atau toko komputer untuk diperiksa lebih lanjut.

Tags

Related Post